Selasa, 11 Desember 2012

RUANG BK MAN MODEL BANGKALAN



        Setiap sekolah pasti memiliki Ruang BK. Tidak terkecuali MAN MODEL BANGKALAN.Temen-temen semua pasti dah pada tau apa itu Ruang BK. Yupzzz, Ruang BK adalah ruangan atau tempat untuk mengadili siswa siswi bermasalah. Itu menurut saya sebelum saya tau pengertian bimbingan konseling yang sebenarnya.

         Konseling sendiri adalah proses bantuan yang diberikan oleh konselor kepada klien, dimana konselor dapat menggunakan teknologi sebagai media untuk memfasilitasi proses perkembangan klien sesuai dengan kekuatan, kemampuan potensial & aktual serta peluang yang dimiliki, dan membantu mereka dalam mengatasi permasalahan dalam perkembangan dirinya.

        Dari pengertian konseling di atas, dapat disimpulkan bahwa Ruang BK yang ada di sekolah kita itu tidak hanya digunakan untuk mengadili siswa yang melakukan pelanggaran, tetapi di ruang BK juga dapat digunakan kita sebagai tempat untuk menceritakan masalah kita dan mendapatkan jalan keluar dari permasalahan tersebut.

         Fungsi pemahaman : fungsi konseling yang menghasilkan pemahaman bagi klien atau kelompok klien tentang dirinya,lingkungannya dan berbagai informasi yang dibutuhkan.Fungsi Pencegahan: fungsi konseling yang menghasilkan kondisi bagi tercegahnya klien dari berbagai permasalahan yang mungkin timbul, yang dapat mengganggu, menghambat atau menimbulkan kesulitan dan kerugian tertentu dalam kehidupan dan proses perkembangannya.
          Fungsi Pengentasan: fungsi konseling yang menghasilkan kemampuan klien untuk memecahkan masalah yang dialaminya dalam kehidupan dan perkembangannya.Fungsi Pemeliharaan dan pengembangan: fungsi konseling yang menghasilkan kemampuan klien untuk memelihara dan mengembangkan berbagai potensi atau kondisi yang sudah baik agar tetap menjadi baik untuk lebih dikembangkan secara mantap dan berkelanjutan.
       Fungsi Advokasi: fungsi konseling yang menghasilkan kondisi pembelaan terhadap berbagai bentuk pengingkaran atas hak-hak atau kepentingan pendidikan dan perkembangan yang dialami klien.
Naaach mungkin itu yang bisa di sampein ttg RUANG BK di MAN MODEL BANGKALAN….C U J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar